Sering kita dapati seseorang yang mendidik anaknya dengan cara yang
keras…dengan menggunakan pukulan..bahkan tendangan…
Bahkan jika tangannya telah lelah memukul maka
iapun menggunakan tongkat atau cambuk untuk memukul anaknya. Sementara jika
bertemu dengan sahabat-sahabatnya jadilah ia orang yang paling lembut dan
ramah.
Memang benar bahwa boleh bagi seorang ayah atau
ibu untuk mendidik anaknya dengan memukul, akan tetapi hal itu keluar dari
hukum asal. Karena hukum asal dalam mendidik…bahkan dalam segala hal adalah
dengan kelembutan. Kita –sebagai orang tua- tidak boleh berpindah kepada metode
pemukulan kecuali jika kondisinya mendesak. Itupun tidak boleh dengan pemukulan
yang semena-mena, semau kita, seperti pukulan yang menimbulkan bekas…terlebih
lagi yang mematahkan tulang…
Sering syaitan menghiasi para orang tua
dengan menjadikan mereka menyangka bahwa metode kekerasan dalam mendidik
anak-anak adalah metode yang terbaik dan praktis serta metode yang singkat dan
segera mendatangkan keberhasilan. Karena dengan kekerasan dalam sekejap sang
anak menjadi penurut. '
Ingatlah ini semua hanyalah was-was syaitan.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda :
"Tidaklah kelembutan pada sesuatupun
kecuali akan menghiasinya, dan tidaklah dicabut dari sesuatupun kecuali akan
memperburuknya" (Dishahihkan oleh Al-Albani)
Memang benar…jika seorang anak disikapi keras
maka ia akan nurut dan patuh…akan tetapi hanya sekejap dan sementara…
Kenyataan yang ada menunjukan bahwa jika seorang
ayah atau ibu yang senantiasa memukuli dan mengerasi anak-anak mereka akan
menimbulkan dampak buruk:
- Jadilah kedua orang tua tersebut berhati keras…, hilang kelembutan dari mereka, karena mereka telah membiasakan kekerasan dalam hati mereka
- Bahkan anak-anak mereka yang sering mereka pukuli pun menjadi keras…, keras dan kasar sikap mereka dan juga keras hati mereka.
- Bahkan tidak jarang sang anak yang dikerasi maka semakin menjadi-jadi keburukannya. Terutama jika sang anak merasa aman dari control kedua orang tuannya. Hal ini menunjukan sikak keras terhadap seringnya tidak membuahkan keberhasilan dalam mendidik anak-anak
- Kalaupun metode kekerasan berhasil merubah sang anak menjadi seorang anak yang "tidak nakal" maka bagaimanapun akan berbeda hasilnya dengan seorang anak yang dibina dengan kelembutan. Seorang anak yang "tidak nakal" yang merupakan buah metode kekerasan tidak akan memiliki kelembutan dalam sikap dan tutur kata serta kelembutan hati yang dimiliki oleh seorang anak yang dididik dengan penuh kelembutan !!.
Adapun jika kedua orang tua bersikap lembut
kepada anak-anak mereka, dan tidak memukul kecuali dalam kondisi terdesak,
sehingga tidak keseringan…maka akan menimbulkan banyak dampak positif,
diantaranya :
- Kedua orang tua tetap bisa menjaga kelembutan hati keduanya
- Kelembutan hati anak-anak mereka juga bisa terjaga, demikian pula akhlak anak-anak mereka menjadi akhlak yang mulia. Karena mereka telah meneladani kedua orang tua mereka yang selalu bersikap lembut dan sayang kepada mereka
- Anak-anak tatkala telah dewasa maka yang mereka selalu kenang adalah kebaikan, kelembutan, ciuman kedua orang tua mereka yang telah bersabar dalam mendidik mereka. Jadilah mereka anak-anak yang berbakti yang selalu ingin membalas budi kebaikan kedua orang tua mereka.
- Kedua orang tua akan mendapatkan rahmat Allah dan ganjaran dari Allah karena sikap lembut mereka kepada anak-anak mereka
Abu Hurairah –semoga Allah meridhoinya- berkata :
"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mencium
Al-Hasan bin 'Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro' bin Haabis At-Tamimiy yang
sedang duduk. Maka Al-Aqro' berkata, "Aku punya 10 orang anak, tidak
seorangpun dari mereka yang pernah kucium". Maka Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallampun melihat kepada Al-'Aqro' lalu beliau berkata, "Barangsiapa
yang tidak merahmati/menyayangi maka ia tidak akan dirahmati" (HR
Al-Bukhari no 5997 dan Muslim no 2318)
Dalam kisah yang sama dari 'Aisyah –semoga Allah
meridhoinya- ia berkata :
"Datang seorang arab badui kepada Nabi
shallallahu 'alaihi wa sallam lalu berkata, "Apakah kalian mencium
anak-anak laki-laki?, kami tidak mencium mereka". Maka Nabi shallallahu
'alaihi wa sallam berkata, "Aku tidak bisa berbuat apa-apa kalau Allah mencabut
rasa rahmat/sayang dari hatimu" (HR Al-Bukhari no 5998 dan Muslim no 2317)
Ibnu Batthool rahimahullah berkata, "Menyayangi anak kecil, memeluknya, menciumnya, dan lembut kepadanya termasuk dari amalan-amalan yang diridhoi oleh Allah dan akan diberi ganjaran oleh Allah. Tidakkah engkau perhatikan Al-Aqro' bin Haabis menyebutkan kepada Nabi bahwa ia memiliki 10 orang anak laki-laki tidak seorangpun yang pernah ia cium, maka Nabipun berkata kepada Al-Aqro' ((Barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayang)).
Maka hal ini menunjukan bahwa mencium anak kecil, menggendongnya, ramah kepadanya merupakan perkara yang mendatangkan rahmat Allah. Tidak engkau perhatikan bagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menggendong (*cucu beliau) Umaamah putrinya Abul 'Aash (*suami Zainab putri Nabi) di atas leher beliau tatkala beliau sedang sholat?, padahal sholat adalah amalan yang paling mulia di sisi Allah dan Allah telah memerintahkan kita untuk senantiasa khusyuk dan konsentrasi dalam sholat. Kondisi Nabi yang menggendong Umaamah tidaklah bertentangan dengan kehusyu'an yang diperintahkan dalam sholat. Nabi kawatir akan memberatkan Umaamah (*si kecil cucu beliau) kalau beliau membiarkannya dan tidak digendong dalam sholat.
Ibnu Batthool rahimahullah berkata, "Menyayangi anak kecil, memeluknya, menciumnya, dan lembut kepadanya termasuk dari amalan-amalan yang diridhoi oleh Allah dan akan diberi ganjaran oleh Allah. Tidakkah engkau perhatikan Al-Aqro' bin Haabis menyebutkan kepada Nabi bahwa ia memiliki 10 orang anak laki-laki tidak seorangpun yang pernah ia cium, maka Nabipun berkata kepada Al-Aqro' ((Barang siapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayang)).
Maka hal ini menunjukan bahwa mencium anak kecil, menggendongnya, ramah kepadanya merupakan perkara yang mendatangkan rahmat Allah. Tidak engkau perhatikan bagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menggendong (*cucu beliau) Umaamah putrinya Abul 'Aash (*suami Zainab putri Nabi) di atas leher beliau tatkala beliau sedang sholat?, padahal sholat adalah amalan yang paling mulia di sisi Allah dan Allah telah memerintahkan kita untuk senantiasa khusyuk dan konsentrasi dalam sholat. Kondisi Nabi yang menggendong Umaamah tidaklah bertentangan dengan kehusyu'an yang diperintahkan dalam sholat. Nabi kawatir akan memberatkan Umaamah (*si kecil cucu beliau) kalau beliau membiarkannya dan tidak digendong dalam sholat.
Pada sikap Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ini
merupakan teladan yang paling besar bagi kita, maka hendaknya kita meneladani
beliau dalam menyayangi anak-anak baik masih kecil maupun yang besar, serta
berlemah lembut kepada mereka" (Syarh Shahih Al-Bukhari karya Ibnu Batthool,
9/211-212)
Syaikh Ibnu Al-'Utsaimin rahimahullah berkata,
"Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam مَنْ لا يَرْحَمُ لا يُرْحَمُ
(Barangsiapa yang tidak merahamati maka tidak dirahmati), yaitu
barangsiapa yang tidak merahmati manusia maka ia tidak akan dirahmati oleh
Allah Azza wa Jalla –kita berlindung kepada Allah akan hal ini-, serta Allah
tidak memberi taufiq kepadanya untuk merahmati. Hadits ini menunjukan bahwa
bolehnya mencium anak-anak kecil karena rahmat dan sayang kepada mereka, apakah
mereka anak-anakmu ataukah cucu-cucumu dari putra dan putrimu atau anak-anak
orang lain. Karena hal ini akan mendatangakna rahmat Allah dan menjadikan
engkau memiliki hati yang menyayangi anak-anak. Semakin seseorang rahmat/sayang
kepada hamba-hamba Allah maka ia semakin dekat dengan rahmat Allah. Bahkan
Allah mengampuni seorang wanita pezina tatkala wanita pezina tersebut merahmati
seekor anjing yang menjilat-jilat tanah karena kehausan…
Jika Allah menjadikan rasa rahmat/kasih sayang
dalam hati seseorang maka itu merupakan pertanda bahwa ia akan dirahmati oleh
Allah…"
"Maka hendaknya seseorang menjadikan hatinya
lembut, ramah, dan sayang (kepada anak-anak), berbeda dengan kondisi sebagian
orang bodoh. Bahkan tatkala anaknya yang masih kecil menemuinya sementara ia sedang
di warung kopi maka iapun membentak dan mengusir anaknya. Ini merupakan
kesalahan. Lihatlah bagaimana Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang
yang paling baik dan mulia akhlak dan adabnya. Suatu hari beliau sedang sujud
–tatkala beliau mengimami para sahabat- maka datanglah Al-Hasan bin Ali bin Abi
Thoolib, lalu –sebagaiman sikap anak-anak-, Al-Hasanpun menaiki pundak Nabi
yang dalam kondisi sujud. Nabipun melamakan/memanjangkan sujudnya. Hal ini
menjadikan para sahabat heran (*mereka berkata :
"Wahai Rasulullah, engkau telah
memperpanjang sujudmu, kami mengira telah terjadi sesuatu atau telah diturunkan
wahyu kepadamu"-pen), Maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berkata
kepada mereka,
"Bukan…, akan tetapi cucuku ini menjadikan
aku seperti tunggangannya, maka aku tidak suka menyegerakan dia hingga
ia menunaikan kemauannya" (*HR Ahmad no 16033 dengan sanad yang shahih-pen
dan An-Nasaai no 1141 dan dishahihkan oleh Al-Albani)
Yaitu aku tidak ingin segera bangkit dari sujudku hingga ia menyelesaikan keinginannya. Ini buah dari rasa kasih sayang.
Yaitu aku tidak ingin segera bangkit dari sujudku hingga ia menyelesaikan keinginannya. Ini buah dari rasa kasih sayang.
Pada suatu hari yang lain Umamah binti Zainab
putri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang masih kecil dibawa oleh Nabi ke
masjid. Lalu Nabi sholat mengimami para sahabat dalam kondisi menggendong putri
mungil ini. Jika beliau sujud maka beliau meletakkannya di atas tanah, jika
beliau berdiri maka beliau menggendongnya. Semua ini beliau lakukan karena
sayang kepada sang cucu mungil. Padahal bisa saja Nabi memerintahkan Aisyah
atau istri-istrinya yang lain untuk memegang cucu mungil ini, akan tetapi
karena rasa kasih sayang beliau. Bisa jadi sang cucu hatinya terikat senang
dengan kakeknya shallallahu 'alaihi wa sallam, maka Nabi ingin menenangkan hati
sang cucu mungil.
Pada suatu hari Nabi sedang berkhutbah, lalu
Al-Hasan dan Al-Husain (*yang masih kecil) datang memakai dua baju –mungkin
baju baru-. Baju keduanya tersebut kepanjangan, sehingga keduanya
tersandung-sandung jatuh bangun tatkala berjalan. Maka Nabipun turun dari
mimbar lalu menggendong keduanya dihadapan beliau (*di atas mimbar) lalu beliau
berkata:
"Maha benar Allah…"Hanyalah harta kalian dan anak-anak kalian adalah fitnah", aku melihat kedua anak kecil ini berjalan dan terjatuh, maka aku tidak sabar hingga akupun memutuskan khutbahku dan aku menggendong keduanya" (HR At-Thirmidzi no 2969 dan dishahihkan oleh Al-Albani)
Kemudian beliau melanjutkan khutbah beliau (*lihat HR Abu Dawud no 1016 dan dishahihkan oleh Al-Albani)
"Maha benar Allah…"Hanyalah harta kalian dan anak-anak kalian adalah fitnah", aku melihat kedua anak kecil ini berjalan dan terjatuh, maka aku tidak sabar hingga akupun memutuskan khutbahku dan aku menggendong keduanya" (HR At-Thirmidzi no 2969 dan dishahihkan oleh Al-Albani)
Kemudian beliau melanjutkan khutbah beliau (*lihat HR Abu Dawud no 1016 dan dishahihkan oleh Al-Albani)
Yang penting hendaknya kita membiasakan
diri kita untuk menyayangi anak-anak, demikian juga menyayangi semua orang yang
butuh kasih sayang, seperti anak-anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang
lemah (tidak mampu) dan selain mereka. Dan hendaknya kita menjadikan dalam hati
kita rasa rahmat (kasih sayang) agar hal itu menjadi sebab datangnya rahmat
Allah bagi kita, karena kita juga butuh kepada rahmat" (dari Syarah Riyaad
As-Shoolihiin, dengan sedikit perubahan)
Sungguh mulia akhlak Nabi shallallahu 'alaihi wa
sallam kepada anak-anak…beliau menggendong anak-anak…bahkan dalam sholat
beliau, karena kasih sayang kepada anak-anak …mencium anak-anak adalah
ibadah…mendatangkan rahmat Allah. Bahkan beliau pernah berjalan cukup jauh
hanya untuk mencium putra beliau Ibrahim.
Anas Bin Malik –semoga Allah meridhoinya- berkata
:
"Aku tidak pernah melihat seorangpun
yang lebih sayang kepada anak-anak dari pada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam. Putra Nabi (yang bernama) Ibrahim memiliki ibu susuan di
daerah Awaali di kota Madinah. Maka Nabipun berangkat (*ke rumah ibu susuan
tersebut) dan kami bersama beliau. lalu beliau masuk ke dalam rumah yang
ternyata dalam keadaan penuh asap. Suami Ibu susuan Ibrahim adalah seorang
pandai besi. Nabipun mengambil Ibrahim lalu menciumnya, lalu beliau
kembali" (HR Muslim no 2316)
Karenanya…bersabarlah wahai para orang tua dalam mendidik anak kalian…sayangilah mereka…peluklah mereka…ciumlah mereka….semuanya akan mendatangkan pahala dan rahmat Allah.
Karenanya…bersabarlah wahai para orang tua dalam mendidik anak kalian…sayangilah mereka…peluklah mereka…ciumlah mereka….semuanya akan mendatangkan pahala dan rahmat Allah.
0 comments:
Post a Comment